14 Mei 2010

Monitor Tidak Mendapat Sinyal dari PC

Ketika Monitor Tidak Mendapat Sinyal dari PC

Pesan “no signal” seperti ini memang tidak akan muncul selama PC dan monitor Anda dalam kondisi prima. Meski demikian, meski Anda tahu sistem masih dalam keadaan prima, sekali waktu pasti pernah juga mengalami problem semacam ini. Jangan panik karena belum tentu ini indikator kerusakan sistem yang parah. Bisa jadi masalah semacam ini lantaran beberapa hal yang dengan trik tertentu akan segera teratasi.

Ada beberapa langkah yang mesti dijalankan untuk mengetahui dengan pasti letak kesalahan atau kerusakan yang menyebabkan pesan ini muncul di layar monitor Anda.

1. Pastikan Monitor sudah mendapat Tenaga listrik dan Terhubung dengan Port VGA/DVI

Kecurigaan pertama harusnya terletak pada monitor yang Anda sandingkan dengan perangkat PC. Pertama, pastikan monitor sudah terhubung dengan jala-jala listrik. Perhatikan apakah kabel power sudah masuk pada port-nya dan terhubung dengan jala-jala listrik.

Untuk kabel datanya, pastikan kelimabelas pin yang ada dalam kondisi baik. Tidak ada yang bengkok atau copot. Kemudian colokkan ke port VGA pada kartu grafis atau pada motherboard dengan VGA onboard. Bila indikator power pada monitor masih berwarna oranye dan menyala kelap-kelip, itu tandanya monitor bagus namun masih belum mendapat aliran data dari PC. Sementara, bila lampu indikator power menyala penuh tapi tidak ada gambar, kecurigaan harus diarahkan pada setting warna dan setting brightness pada monitor.

2. Perhatikan Kode Error pada POST Beep Code

Kondisi tidak adanya sinyal ke monitor juga sering terjadi ketika melakukan booting awal. Kondisi ini terjadi kemungkinan karena ada komponen tertentu yang masih belum berfungsi dengan baik. Untuk mengetahui letak kesalahan atau kerusakan, Anda harus memperhatikan beep kode atau kode error yang terdapat pada motherboard yang dilengkapi dengan 7 segmen. Beep code ini akan mengindikasikan dengan bunyi tertentu pada buzzer komponen mana yang belum berfungsi. Dengan memperhatikan beep code ini, perbaikan bisa cepat dilakukan karena tahu dengan pasti komponen mana yang belum bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes