28 Desember 2009

Ghostbuster The Video Game

ghostbuster-cover

Menu utama dari game ini menyajikan Career mode, Xbox Live, dan Options. Pada Career mode, pemain akan bermain mengikuti jalan cerita game yang bersifat linear. Artinya tidak ada kebebasan dalam memilih dan menjalani misi. Setelah menyelesaikan mode training, pemain akan menjalani level pertama di hotel Sedgewick untuk memburu dan menangkap hantu Slime dan Fishermen ghost. Kemudian beralih ke level selanjutnya yakni mengejar hantu hingga ke jalanan kota New York untuk mengejar Boneka pelaut raksasa yang mengobrak-abrik kota. Sebagian besar jalan cerita dalam game ini mengikuti versi Filmnya.

Hal yang seru dalam game ini yah memburu hantu, melakukan kejar-kejaran dengan hantu dan menangkapnya. Kemudian fitur upgrade peralatan yang terdapat dalam game ini tergolong biasa saja dan kurang adiktif. Digame ini, terdapat 4 karakter yang merupakan tim Ghostbuster, yakni Egon, Ray, Peter, dan Winston. Seiring berjalannya permainan, pemain akan memang kendali karakter sesuai yang telah diatur oleh game. Walau begitu, tidak ada perbedaan yang berarti saat mengontrol mereka. Begitu juga dari segi visual dalam pandangan orang ketiga, model dan warna pakaian karakter sulit dibedakan. Baru dapat diketahui, saat event muncul dan menyorot wajah karakter.

ghostbuster1

Dalam menangkap hantu, pemain harus menembakan senjata proton secara terus - menerus ke arah hantu untuk membuatnya menjadi lemah. Dan untuk dapat mengetahui jumlah kekuatan hantu tersebut, pemain dapat melihat Crosschair saat membidik hantu tersebut, karena di tepi Crosschair terdapat meter kekuatan hantu. Tentunya tidak segampang yang kamu kira, karena hantu - hantu tersebut juga akan bergerak kesana dan kemari dengan cepatnya dan bahkan sekali-kali mereka akan berubah wujud menjadi benda dan menabrakmu. Tidak ada meter Health karakter yang perlu diperhatikan di game ini, tapi jika karakter terkena serangan secara terus-menerus, layar permainan akan berubah menjadi merah. Ini sebagai petanda supaya pemain untuk segera menghindar karena satu kali serangan dari musuh akan segera membunuhnya dan GameOver.

Namun terkadang serangan hantu juga dapat membuat karakter stun dan jatuh. Sewaktu terjadi, pemain tidak dapat bergerak dan mesti menunggu pertolongan dari karakter lain. Begitu juga hal tersebut dapat terjadi pada karakter lain yang dikontrol oleh komputer. Pemain cuman tinggal menekan tombol Segitiga didekatnya untuk menolongnya. Saat GameOver, untungnya game ini menyediakan Reload point sehingga pemain tidak perlu mengulang dari awal misi lagi. Buruknya, pemain tidak bisa menyimpan permainan ini kapan pun pemain mau. Karena pada saat pemain mencapai Reload point maka fitur auto save akan segera berkerja.

ghostbuster2

Kembali ke point cara menangkap hantu. Saat hantu melemah, maka tembakan senjata proton akan dapat mengikat hantu tersebut, tekan tombol LT untuk membanting hantu tersebut hingga pusing supaya tidak dapat melarikan diri. Lalu tekan tombol X untuk melemparkan Ghost Trapping. Saat alat tersebut jatuh ke lantai akan keluar sinar yang dapat menghisap hantu ke dalam alat tersebut. Selanjutnya gunakan analog kanan untuk menarik hantu tersebut menuju sinar Ghost Trapping dan beberapa saat kemudian hantu tersebut akan terhisap. Beberapa jenis hantu akan mencoba berusaha melawan dan meloloskan diri. Ini merupakan bagian yang membuat pemain frustasi.

ghostbuster3

Disamping dari senjata proton, pemain juga akan sering mengunakan alat yang bernama PKE Meter. Alat tersebut dapat digunakan dengan menekan tombol Y dan dapat berfungsi untuk melacak keberadaan hantu yang sedang bersembunyi pada suatu objek benda. Selain itu, alat ini juga dapat menscan kelemahan hantu. Apakah mereka akan lemah dengan sinar proton dingin ataupun sinar proton panas.

ghostbuster4

Graphic game ini cukup mewah, terlihat dari muka karakter yang begitu mirip dengan aslinya serta mimik muka yang mengekpresikan sesuatu dan animasi karakter yang terlihat hidup. Begitu juga untuk desain level yang tidak asal - asalan, hal ini tampak pada desain interior dan outdoor. Dan suguhan efek pencahayaan hingga objek benda disepanjang level yang dapat hancur sesuai dengan perhitungan fisik didunia sebenarnya. Dari segi suara pada game ini terdengar sempurna. Suara akting dari karakter terdengar baik dan efek suara hantu hingga suara latar dan musik permainan bisa membuat pemain deg - degan (merasa seram).

Overall, game Ghostbuster membuat saya bernolstalgia kembali dengan filmnya dan replaybiliti untuk game ini, mungkin akan membuat pemain tidak memainkannya kembali. Disamping dari berusaha menamatkan game ini, pemain juga dapat bereksplorasi dengan mencari artifak dan membuka bonus video, gambar, dan juga achivement.

Ghostbuster The Video Game
Publisher :
Developer :
Genre : Action Adventure
Platform : Xbox360

Score
Gameplay 75
Graphic 90
Sound 80

1 komentar:

Reza mengatakan...

:D Nice News

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes